16 Agu 2017

SEJARAH PENDIRIAN DEPARTEMEN EKONOMIKA DAN BISNIS (SV) UGM

SEJARAH PENDIRIAN DEB

DEB Sekolah Vokasi (SV) Universitas Gadjah Mada


Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan Universitas tertua dan terbesar di Indonesia. Diresmikan pada tanggal 19 Desember 1949 oleh Presiden Soekarno di Pagelaran Kraton Ngayogyakarto Hadiningrat. Pada saat didirikan, UGM hanya memiliki 6 fakultas. Saat ini, UGM memiliki 18 fakultas termasuk 1 sekolah pascasarjana (S-2 dan S-3) yang terdiri dari beberapa jurusan/ bagian dan atau program studi. Visi dan Misi UGM dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Kampus UGM berlokasi di Bulaksumur yang terletak di Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan menempati areal seluas 400 hektar serta ditunjang fasilitas umum meliputi Auditorium, Gama Book Plaza, Pusat Kesenian, Guest House, Gelanggang Mahasiswa, RSU Dr. Sardjito, Masjid Kampus, Gelanggang Olahraga, Asrama, Koperasi, Percetakan, Kantor Pos, Bank, Unit Pemadam Kebakaran dan Pos Polisi. Untuk menunjang aktivitas operasional UGM mempunyai berbagai pusat-pusat penelitian, pusat-pusat studi, pusat-pusat pengabdian masyarakat, laboratorium, bengkel, serta berbagai kebun dan hutan percobaan.

Gedung DEB. Sumber isigood.com


Sejarah Program Diploma Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi UGM dimulai dari Akademi Administrasi Niaga (AAN) Negeri Yogyakarta. Pada tanggal 3 Mei 1976 berdasarkan SK Menteri P&K Nomor 042/K/1975 tanggal 18 Maret 1975, AAN diintegrasi ke FE UGM dengan nama Pendidikan Ahli Administrasi Perusahaan (PPAP) FE UGM.

Tahun 1983, PAAP FE UGM ditetapkan sebagai fakultas yang berdiri sendiri dengan nama Fakultas Non-Gelar Ekonomi (FNE) UGM. Merujuk PP No. 33 Tahun 1990, status FNE UGM diintegrasikan ke dalam Fakultas Ekonomi UGM sebagai sub sistem dalam bentuk Program Diploma FEB UGM.

Tahun 2008, berdasarkan Peraturan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 518/P/SK/HT/2008 tentang Pengalihan Program Diploma di lingkungan masing-masing Fakultas ke dalam Sekolah Vokasi, maka program Diploma Ekonomika dan Bisnis bergabung dengan Program Diploma ynag lain yang ada di lingkungan UGM ke dalam Sekolah Vokasi UGM dengan nama Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi UGM.

Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi UGM adalah Penyelenggara Pendidikan Tinggi Professional dalam Sistem Pendidikan Tinggi nasional di Indonesia (PP No. 60/1999). Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi UGM mendidik mahasiswa dan menghasilkan lulusan professional. Oleh karena itu, kurikulum dirancang dengan menitikberatkan pada matakuliah praktkum. Lulusan Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi UGM diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja professional dan tetap berpedoman pada kurikulum nasional.



Sumber: Buku Panduan Akademik 2017, Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi (BAB 1)

Tidak ada komentar:

Apa Itu Yang Dimaksud dengan Drone?

Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Drone ? Drone atau pesawat udara tanpa awak (PTTA) adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kend...