29 Jun 2016

Apa Itu Yang Dimaksud dengan Drone?

Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Drone ?


Drone atau pesawat udara tanpa awak (PTTA) adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh oleh penerbang / pilot atau mampu mengendalikan dirinya sendiri (autonomous) dengan menggunakan hukum aerodinamika.(sumber: Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 180 Tahun 2015, dengan penambahan kata)


Drone (PTTA) hasil pengembangan
Balitbang Kemhan dan BPPT
Drone sering juga disebut dengan UAV (Unmanned Aerial Vehicle) atau dalam bahasa indonesianya “pesawat udara tanpa awak”. Drone pada awalnya banyak digunakan untuk kepentingan dalam dunia militer. Namun, seiring berkembangnya zaman serta teknologi saat ini drone sudah digunakan untuk kepentingan sipil. Contohnya saja seperti yang kita lihat melalui TV,yakni berita pantauan udara saat mudik, pencarian korban bencana alam di daerah yang sukar dilewati tim penyelamat, dan lain-lain.



Drone dibagi menjadi dua jenis, yaitu : multi-copter dan fixed-wing. Secara umum, fixed-wing adalah drone yang memiliki bentuk meyerupai pesawat (badan dan sayap aerodinamis). Sedangkan multi-copter adalah drone ‘seperti’ helikopter yang terbang dengan bertumpu pada daya angkat propeller / baling-baling.

Contoh Model "Fixed Wing"
http://flitetest.com/articles/small-uav-design

Multi-copter terbagi menjadi dua macam, single-rotor dan multi-rotor. Drone dengan single-rotor hanya memiliki propeller / balig-baling tunggal (single). Drone multi-copter memiliki propeller lebih dari satu, empat propeller (quadcopter), 6 propeller (hexacopter),dan 8 propeller (octocopter).


http://sagara.asia/blog/2016/04/15/drones-massive-evasive-maneuver/
Saat ini, drone juga digunakan sebagai hobi maupun fotografi. Diantara kelebihannya (dalam dunia fotografi) adalah dapat mengambil foto / video dari angle (sudut pandang) yang berbeda dan menarik, tapi tergantung pilot yang mengendalikan juga sih.

Menerbangkan drone tidak bisa dibilang sulit maupun mudah, dengan kata lain gampang-gampang susah lah :-D . Perlu banyak latihan praktek agar dapat menerbangkan dengan baik dan benar serta smooth, salah-salah bisa nubruk orang atau nyasar ke atap orang.



Selain itu, menerbangkan drone juga ada aturan pemerintahnya juga lho. Tujuannya dibuat peraturan tersebut tentu saja untuk menghindari hazard (bahaya) atau efek penggunaan drone jdih.dephub.go.id/assets/uudocs/permen/2015/PM_180_Tahun_2015.pdf . Ngeri juga kan kalo tiba-tiba aja ada drone yang 'mendarat' di kepala kita. :-D

Tidak ada komentar:

Apa Itu Yang Dimaksud dengan Drone?

Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Drone ? Drone atau pesawat udara tanpa awak (PTTA) adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kend...